Selasa, 29 Oktober 2013

Peduli dengan Orangutan




Ide untuk menulis Orangutan ini terpintas ketika teman saya tanpa sengaja mensharing video berupa Orangutan.

Setelah melihat video ini saya sangat terharu karena kita sebagai manusia telah merusak habitat Orangutan yang telah ada. Jangankan merusak setelah beberapa tahun ini saja bahkan di indonesia sendiri telah banyak membunuh dan membakar puluhan Orangutan. Dulu pernah di beritakan daerah di Kalimantan Timur memenggal puluhan Orangutan karena dianggap hama oleh masyarakat disana.

Sumber:
http://news.detik.com/read/2011/09/27/150732/1731540/10/polda-kaltim-usut-dugaan-pembantaian-puluhan-orang-utan?nd771104bcj

Bahkan di Sumatra pun ada yang membunuh Orangutan tersebut dengan cara disiksa

Sumber:
http://www.suara-alam.com/id/internasional/2013/07/02/orangutan-sumatera-dibunuh-dengan-brutal#.Um-2vvnQArY

Sedih sekali melihat manusia yang tidak tau tentang lingkungan,tidak peduli dengan habitat hewan lain,manusia berkesan serakah dan egois.

Saya juga mau sharing tentang fakta Orangutan:
Orangutan adalah sejenis kera besar dengan lengan panjang dan berbulu kemerahan atau cokelat. Sebagai satwa langka yang dilindungi di Indonesia, penyebarannya sangatlah terbatas, hanya di sekitar Sumatera dan Kalimantan. Perilaku Orangutan tidak jauh dengan perilaku manusia. Mengenal satwa langka ini, ada beberapa fakta yang menarik untuk dibahas, diantaranya;

1. Berbagai cara mereka lakukan untuk berkomunikasi. Orangutan bayi biasanya menangis layaknya manusia, yang muda sering menjerit dan membuat ulah. Orangutan dewasa membuat suara panjang (lebih dari 1 menit) yang terdengar seperti "grumph", suara tersebut dapat terdengar hingga 300 meter. Orangutan jantan dewasa mengembangkan kantong tenggorokan dan membuat suara yang bisa terdengar hingga radius 1 kilometer.

2. Orangutan juga berkomunikasi lewat bahasa tubuh, Para peneliti Inggris telah menghabiskan waktu 9 bulan mengobservasi di tiga kebun binatang Eropa, dan hasilnya terdapat 40 signal bahasa tubuh yang sering digunakan oleh orangutan tersebut. Kata-kata yang sering mereka ucapkan lewat bahasa tubuh antara lain: Aku ingin bermain (I want to play), Berikan itu padaku (Give it to me), Pergi kau (Go away), Ikuti saya (Follow me), atau Berhenti melakukan itu (Stop doing that).

3. Orangutan Jantan jauh lebih besar daripada betina. Ukuran wajahnya pun berubah secara dramatis saat ia tumbuh lebih tua dengan jenggot dan kumis. Si jantan juga akan memiliki bantalan pipi lebar dan kantong tenggorokan di bawah dagu.

4. Orangutan biasanya melahirkan satu bayi, sangat jarang terjadi kelahiran bayi kembar. Masa kehamilan mereka sama dengan manusia, yaitu 9 bulan.

5. Orangutan memiliki predator, terutama manusia. Sebelumnya, macan dahan dan harimau Sumatera adalah predator alami mereka, tetapi manusia telah membunuh sebagian besar dari mereka juga.

6. Orangutan dapat menggunakan tongkat sebagai alat bantu untuk mengambil makanan, dan menggunakan daun sebagai pelindung sinar matahari.

7. Orangutan dapat bergerak cepat dari pohon ke pohon dengan cara berayun pada cabang-cabang pohon. Mereka juga dapat berjalan dengan kedua kakinya, namun jarang sekali ditemukan. Orang utan tidak dapat berenang.

8. Orangutan tidak hidup berkelompok seperti Simpanse atau Gorilla, Orangutan jantan biasanya ditemukan sendirian dan orangutan betina biasanya ditemani oleh beberapa anaknya.

9. Orangutan memiliki kecenderungan untuk banyak tidur di atas pohon. Mereka tidak hanya tidur panjang di waktu malam mulai dari matahari tenggelam hingga terbit keesokan harinya, namun juga bahkan mengatur waktu untuk tidur siang mereka disela waktu aktivitas siang mereka. Saat tidur, mereka tidak khawatir digigit nyamuk, karena mereka biasanya menggunakan daun tarutung sebagai alas tidur mereka. Daun ini adalah sejenis daun yang tidak disukai oleh nyamuk.

10. Di alam liar, orangutan menata dedaunan dan ranting-ranting pohon utuk membuat tidur mereka nyaman. Kita menyebutnya dengan sarang. Namun, berbeda dengan jenis burung yang bersarang di satu tempat dalam jangka waktu lama untuk perkembangbiakan, orangutan biasanya hanya menempati sarang mereka untuk sesaat saja. Dari keterangan yang didapat dari Orangutan Information Center, orangutan membuat sarang sekitar 2 atau 3 kali dalam sehari dengan lebar kira-kira satu meter. Mereka membuat sarang di pagi hari untuk beristirahat dan bermain. Orangutan betina juga membuat sarang untuk melahirkan.

11. Orangutan juga memiliki payung layaknya manusia,jika hujan tiba Orangutan memetik daun lebar sebagai payung bagi mereka.

12. Makanan utama Orangutan adalah buah, yaitu sekitar 60%. Mereka juga suka dedaunan yang masih muda. Sekitar 25% pakan mereka adalah daun yang masih muda. Selebihnya adalah bunga dan kulit pohon sekitar 10% dan serangga kecil seperti semut, jangkrik dan rayap sekitar 5%.

Tidakkah kita tau betapa Orangutan itu adalah makhluk yang pintar? dan Orangutan memiliki kemiripan yang banyak pada Manusia. tetapi Manusia tidak memiliki kemiripan yang banyak pada Orangutan.

Untuk menambah ilmu tentang Orang utan silahkan buka situs WWF Indonesia,atau buka link:

http://www.wwf.or.id/cara_anda_membantu/bertindak_sekarang_juga/sahabat_orangutan/


semoga dengan menambah pengetahuan kita tentang Orangutan,membuat kita peduli kepada mereka.


Tulisan ini dalam rangka event #30DaysSaveEarth yang diselenggarakan oleh @jungjawa dan @unidzalika