Selasa, 22 Oktober 2013

Craft dari Sampah Anorganik

Kali ini saya mengajak anda untuk membuat craft dari sampah-sampah dibawah ini :









Sering dong ya kita melihat sampah-sampah seperti ini. Dapat dilihat bahwa ini merupakan sampah anorganik yang sangat susah untuk diuraikan oleh mikroorganisme. bahkan bisa berjuta-juta tahun untuk bisa diuraikan oleh alam. Sampah itu terdiri dari kaca,plastik,kertas,tekstil,logam dll.
Saran saya, mulailah mencoba untuk mendaur ulang sampah anorganik ini menjadi suatu karya sehingga tidak perlu membuang sampah-sampah ini terdahulu. ini juga merupakan salah satu proses kreatif mendaur ulang.

Kebetulan saya seorang instruktur disalah satu sekolah seni yang ada di Jakarta,saya mengajar untuk Kindergarten. Kenapa Kindergarten? karena saya sangat menyukai anak-anak dan proses kreatif dalam seni itu musti diasah sejak dini. Di salah satu kegiatan mengajar, saya mengajarkan bagaimana anak-anak ini untuk dapat membuat suatu karya yang bertema mendaur ulang sampah mulai dari sampah plastik,botol,kertas,kaleng dsb. Berikut foto-foto karya anak-anak tersebut dalam menciptakan daur ulang sampah.



Robot ini terbuat dari sampah minuman pencernaan dan pajangan ikan ini terbuat dari sampah bekas cat acrylic.



Pajangan Angry Bird ini terbuat dari gulungan karton tisu



Panggung dari kertas



Boneka pajangan ini terbuat dari salah satu botol plastik minuman.



Frame sapi ini dibuat dari bubur kertas (kertas yang sudah dilumatkan)


Sangat baguskan karya-karya mereka, daripada membuang sampah yang masih bisa diolah mending kalian coba untuk di buat menjadi pajangan yang unik dan menarik. Selamat mencoba!


Tulisan ini dalam rangka event #30DaysSaveEarth yang diselenggarakan oleh @jungjawa dan @unidzalika